Greenpeace SEA-Indonesia

Monday, January 18, 2010

THE SIMS 2 TUTORIAL: Convert CC Accessories Into CC Object

1. Preparing

siapkan file cc aksesori yang akan dikonvert (Mesh & Recolournya).
Prog yang dibutuhkan:
- simPE
- Milkshape (must registered) + Plugin Wes_H. <-- untuk Milkshape versi yang saya pakai (versi 1.8.5) sudah include plugin Wes_H.
- Adobe Photoshop + Plugin DDS Utility

2. Exporting CC Accessories

buka file cc aksesori dengan menggunakan program simPE:

- File Mesh:
Pada simPE, Highlight file bernama "Geometric Data Container" (GMDC).
Klik "Export..." (sebelum klik Export, pastikan box frame & Lens-nya terceklis/tercentang).
Beri nama & save as type Maya Object Exporter by Delphy (*.obj), Close.

- File Recolour:
Pada simPE, Highlight file bernama "Texture Image" (TXTR).
Klik "Export...".
Beri nama & save as type Png (*.png), Close.

3. Editing Object with Milkshape

- Buka program Milkshape, seperti biasa...pada tab "Groups", pastikan box Auto Smooth dalam keadaan kosong(uncheck).
- Import object dengan klik Menu > Import > Wavefront OBJ... cari file tadi yang berformat .obj.
- Masih dalam tab "Groups", klik "Select" (object yang ter-select akan berwarna merah).
- klik tab "Model", klik tool "Move".
- Tahan klik kiri pd mouse, kemudian geser hingga kebawah. Atur penempatan object sesuai yang diinginkan.
(FYI: garis warna ungu adalah elevasi terrain pada sims).
- setelah puas & selesai menempatkan object, klik File > Export > Sims2 Unimesh Exporter V4.09.
(Sebenarnya anda bisa meng-eksport menggunakan format .obj, tapi saya lebih suka menggunakan format .simpe).
- Beri Nama & Save. (prefer gunakan ekstension .simpe).
- Close Milkshape (anda bisa men-save project apabila sewaktu waktu ingin merubahnya kembali).

4. Convert Image from PNG to DDS

- Buka Photoshop (pastikan anda sudah menginstal plugin DDS Utility)
- Klik File > Open, cari file image PNG (pada step 2).
- Export image (Open > Save as) dengan format "D3D/DDS (*.dds)".
- Setting menjadi DXT3, pilih "Generate MIP maps", setting "All".
- Save.

5. Creating CC Object

- Buka program simPE
- Aktifkan "Object Workshop" (Tools/Object Creation/Object Workshop...) shortcut: Ctrl+Shift+W.
- Klik "Start", tunggu hingga loading selesai.
(lamanya loading tergantung dari jumlah EP/SP yang terinstal, jadi bagi anda yang instal all EP & SP harap bersabar ^.^).
- pilih Decorative > Sculpture. pilih object yang akan di-clone sesuai kategori yang diinginkan (shiny, matte/dof, alpha).
(dalam tuto ini saya pilih object "On A Pedestal by Yucan Byall" karena berkategori Matte/dof).
- klik "Next", pilih "clone", klik "Set Defaults", klik "Start".
- klik "Next" lagi. Ubah Title, Price, & Description sesuai selera. Klik "Finish".
- Akan muncul jendela "Scenegraph rename Wizard", ganti "Model Name" sesuai selera, Klik "Update", Klik "OK".
- Save object anda. (file ini otomatis akan berekstensi .package).

6. Change GUID

- Setelah saving, tampilan akan otomatis ke bagian resource "Object Data (OBJD)".
- GUID yg tertera adalah 0xCCDB72CE (object "On A Pedestal by Yucan Byall").
- Klik pada menu bar, Tools > Object Tools > Hash Generator...
- Akan muncul Jendela "Hash Generator", ada 3 pilihan: CRC 24, CRC 32, GUID. pilih yang "GUID".
- Pada "Hash Value", copy 8 digit (kombinasi huruf & angka) paling depan. (contoh: 653229c5)
- Balik lagi pada "Object Data", ganti GUIDnya dengan cara: delete semua digit setelah tanda "x", kemudian paste. (sebelum:0xCCDB72CE, sesudah:0x653229c5)
(FYI: Hash Generator pd GUID menggunakan sistem random, apabila anda mengulanginya lagi, maka nilai GUIDnya akan berbeda dari sebelumnya).
- Ceklis/centang box "update all MMATs", klik "Update", klik "Commit", Save.

7. Import Object

- Highlight file "Geometric Data Container"(GMDC).
- Perhatikan list nama yang terdapat dalam content GMDC (Base, Finish, Southwallshadow, Westwallshadow, Groundwallshadow, Eastwallshadow)
- Dalam hal ini anda hanya perlu mengingat 1 nama saja (finish). <-- material finish memiliki tingkat reflectivity paling kecil (0.025).
(saya jarang mengunakan shadow dalam pembuatan object, apabila anda ingin menggunakannya maka sebelumnya di milkshape anda harus mendesain model "plane" sebagai shadownya).
- Klik Kanan file GMDC, pilih "Replace..."
- Cari file Object yang telah anda edit perletakannya. klik "Open" & "Yes".
- Perhatikan nama dalam list content (tertulis "frame").
- Ganti nama "frame" menjadi "finish" (caranya: klik sub tab "groups", highlight frame pada group section).
- Klik "Commit" & "Save".
- Lakukan fix integrity (klik tools > Object Tools > Fix Integrity) TANPA nge-klik "Update", kemudian klik "OK". "Save".

8. Import Texture

- Highlight file "Texture Image (TXTR)", Terdapat 4 file texture.
- Highlight file yg bernama "xxxxxxxxx-finish-worn_txtr".
- Klik kanan pada gambar, pilih "Import DDS...", cari file image dds (pada step 4). klik "Commit". "Save".


Congratulations, now check your CC in game ^.^

---------------------------------
Credit:
simPE
Milkshape 1.8.5
Wes_Howe for plugin
Adobe Photoshop
Plugin DDS Utility
semua teman2 yang tidak dapat disebutkan satu persatu ^.^

0 comments:

:hi :-) :*) :ok :s) :D
:o) :thx :B) :)) J:) :-J
:x :(( :| :( :iq :#
:? #-o :@ J:P :o :-o
:tkp: :niceinfo:

mau emoticon ini? Klik disini

Post a Comment